salaamun lakum

ahlan wasahlan

Senin, 24 Maret 2014

Strategi Yang Dilakukan Oleh Seorang Bupati Dalam Pemataan Mutu Pada Lembaga Pendidikan Non Formal/Informal Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Oleh : Afiq Fikri Almas

Langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang Bupati dalam pemataan mutu pada lembaga pendidikan Non Formal/Informal sebagai berikut:
Langkah pertama (evaluasi) :
1.Mendistribusikan instrumen kuisoner-kuesioner kepada responden di setiap sekolah. Hasil dari pengisian instrumen kuisoner-kuesioner tersebut akan menjadi dasar dari proses analisa mutu pendidikan. Dan menjadikannya landasan yang sama di dalam melakukan analisis kondisi mutu pendidikan serta menyusun rencana peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten/Kota.
2. Memberikan intruksi kepada BAP-S/M untuk menyusun perencanaan alokasi Madin/TBM yang akan diakreditasi dengan koordinasi Kemendikbud dan kemenag setempat. Yang di sesuaikan dengan  kuota APBD dan APBN kabupaten/kota. Kemudian diumumkan kepada Madin/TBM madrasah untuk mendaftar. Yang diusulkan Kemendikbud dan Kemenag. BAP-S/M menyampaikan perangkat akreditasi kepada Madin/TBM yang kemudian mengisi instrumen data dan informasi pendukung akreditasi secara subjektif dan mengirimkanya kembali dengan melalui Ban-S/M, BAP-S/M atau UPA-S/M. 
3. BAP-S/M bersama asesor mengevaluasi hasil instrumen dan audit dokumen untuk merekomendasikan kelayakan Madin/TBM yang akan diakreditasi dan kemudian menetapkan dan menyusun daftar Madin/TBM yang akan di akreditasi serta memberikan informasi kepada Madin/TBM yang bersangkutan.



Langkah kedua (Akreditasi) :
1. BAP-S/M mengirim asesor untuk visitasi Madin/TBM sesuai pedoman dan kode etik asesor yang sebelumnya sudah dirapatkan berdasarkan hasil evaluasi dan melakukan validasi dan verifikasi bersama dengan UPA-S/M mengenai hasil visitasi. Kemudian menetapkan hasil akhir akreditasi melalui rapat pleno dan mengirim surat pemberitahuan hasil visitasi.

Tahap Ketiga (Sertifikasi) :
1. BAP-S/M menerbitkan sertifikat akreditasi sesuai dengan format dan blanko yang dikeluarkan oleh BAN-S/M. Dan melaporkan data kepada BAN-S/M serta menyampaikan sertifikat akreditasi kepada Madin/TBM disertai dengan rekomendasi tindaklanjut. Dan mensosialisasikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota, kankemenag, masyarakat melalui surat ke dinas pendidikan kab/kota, kankemenag,  media masa, website, dan media lainnya. Kemudian menyelengarakan seminar hasil akreditasi bersama BAP-S/M , dinas pendidikan kab/kota, kankemenag, UPA-S/M, perguruan tinggi, DPRD, pers, lembaga penyelenggara pendidikan, pakar pendidikan, dewan pendidikan, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar